Jumat, 20 Desember 2013

Mengenal Tanaman Obat Nusantara

"Untuk anak Indonesia yang cinta pengetahuan semoga menjadi jembatan emas menuju kesuksesan"

Itulah kata persembahan buku "Mengenal tanaman Obat Nusantara" yang ditulis Dani Hamdani dan diterbitkan oleh Panca Anugrah Sakti, Tangerang.

Buku setebal vii + 72 halaman ini mencoba memaparkan 50 jenis tanaman obat nusantara yang berkhasiat untuk mengobati bermacam-macam penyakit. Dari 50 tanaman tersebut ternyata merupakan tanaman jenis buah-buahan Diantaranya adalah Alpukat, baik daging buah, biji maupun daunnya berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit seperti ; sariawan, melembabkan kulit kering, kencing batu, darah tinggi (Hipertensi), nyeri lambung, sakit gigi, dan kencing manis (diabetes melitus). [halaman 2]

Contoh lain dari buah-buahan adalah Pepaya, Buah, daun, dan akar pepaya sangat manjur untuk mengobati : batu ginjal, hipertensi, malaria, sakit keputihan, kekurangan ASI, reumatik, malnutrisi, gangguan saluran kencing, haid berlebihan, sakit perut saat haid, disentri, diare, jerawat dan ubanan. [halaman 55].

Tanaman  lain yang dikupas dalam buku ini seperti Apel, Asem Jawa, Bawah Merah, Bawang Putih, Bayam Merah, Belimbing Asam, Belimbing Manis, Buncis, Cabai Merah, Cabai Rawit dan puluhan tanaman berkhasiat obat lainnya.

Meskipun tidak menjelaskan cara meracik tanaman menjadi obat, namun informasi yang lengkap mengenai keutamaan tanaman berkhasiat tersebut, bisa menambah pengetahuan siswa-siswi sekolah dasar pada khususnya.

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar